Senin, 12 Maret 2012

Komponen Desain Grafis

Sebelumnya kita telah mengetahui bersama tentang prinsip desain grafis, kali ini kita akan bersama-sama mengetahui tentang komponen desain grafis. Desain grafis yang menekankan fungsi tanpa keindahanatau estetika akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif, Untuk menjadikannya 'menarik' atau 'indah' bisa dinilai dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin). anda bisa tertarik dengan (calon) pasang bisa karena pandangan pertama (mata) atau kepribadiannya (hati). desain bisa menarik karena indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. keindahan yang dibahas lebih ditekankakn pada kemampuan mata sebagai penilai.agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur/komponen dalam desain grafis, antara lain :
  1. garis 
  2. bentuk 
  3. warna, tekstur dan cahaya 
  4. ilustrasi / gambar 
  5. huruf / tipografi 
  6. ruang (space) 
Seluruh komponen desain grafis akan komposisikan dengan prinsip desain grafis :
  1. keseimbangan
  2. keserasian / harmoni 
  3. proporsi & skala 
  4. irama 
  5. kesatuan dll
Pada awalnya, ketika seorang seniman grafis melukiskan ilustrasi dari sebuah peristiwa atau dongeng, mereka mencoba merepresentasikan suatu keadaan secara natural sebagaimana aslinya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi maka kini orang lebih suka merekam kejadian melalui kamera foto atau video. tidak lagi melalui goresan pena yang biasa dikenal sebagai fine art.

Ilustrasi menurut definisinya adalah seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberi penjelasan atas suatu maksud dan tujuan secara visual. Ilustrasi secara harafiah berarti gambar yang dipergunakan untuk menerangkan atau mengisi sesuatu. Dalam desain grafis, ilustrasi merupkan subjek tersendiri yang memiliki alur sejarah serta perkembangan yang spesifik atas jenis kegiatan seni tertentu.

Ilustrasi dapat dipergunakan untuk menampilkan banyak hal serta berfungsi antara lain :
  • memberi gambaran tokoh atau karakter dalam suatu cerita
  • menampilkan beberapa contoh item yang diterangkan dalam suatu tulisan tertentu
  • menvisualisasikan langkah demi langkah pada sebuah instruksi atau prosedur atau model tertentu.
  • sekedar membuat pembaca tersenyum bahkan tertawa.
Pada saat teknologi komputer sudah sangat berkembang bagi desain grafis, goresan ilustrasi berwarna yang terutama dibuat dengan pena dan tinta hitam maupun cat air, kini digantikan dengan program-program gambar seperti coreldraw, ilustrator, maupun free hand. Salah satu teknik yang banyak digunakan oleh para ilustrator adalah pembuatan skets di atas kertas menggunakan pensil, yang kemudian dibuat outline bentuknya dengan tinta hitam. Skets tersebut kemudian di-scan sehingga menghasilkan image bitmap.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !